Geliat Wisata Alam Bumi Wali 

0
244
Pengunjung sedang menikmati destinasi wisata alam Sendang Asmoro di Desa Ngino, Kecamatan Semanding

rpstuban.net – Asri. Kesan pertama saat menginjakkan kaki di kawasan Sendang Asmoro. Selain air tawar dengan banyak ikan hias, tempat wisata itu kini dilengkapi dengan tempat santai seperti taman, gazebo, kolam renang, ruang baca dan beberapa wahana menarik lainnya.

Rintisan tempat wisata yang dibuat Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Ngino, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban itu, kini semakin populer. Dari sekedar danau dengan air melimpah, kini menjelma menjadi destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi.

“Kami pastikan wisata ini siap dikunjungi ketika musim libur lebaran,” kata Ketua Pokdarwis Ngino, Hartomo, beberapa waktu lalu.

Ngino adalah salahsatu contoh wisata alternatif selain tempat wisata yang sudah ada. Selain Ngino masih ada tempat wisata lain yang mengeksplorasi keindahan alam dan ramai selama musim libur lebaran. Seperti Pantai Kelapa di Kelurahan Panyuran, Palang dan Wisata Air Pelang di Desa Tahulu, Merakurak, dan Pantai Cemara di Sugihwaras Jenu.

Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Tuban, menjelaskan beberapa titik wisata yang jadi andalan selain wisata alternatif di atas adalah Pantai Boom, Pemandian Bektiharjo, Wisata Kambang Putih, Pantai Sowan, Pemandian Nganget, Pemandian Prataan, dan beberapa kolam renang yang dikelola oleh swasta.

“Kami sudah sampaikan surat edaran untuk (pengelola wisata) agar melakukan kordinasi dengan Polsek dan Koramil terdekat berkaitan dengan keamanan,” terang Kabid Pariwisata di Disparbudpora, Suwanto.

Dia mencontohkan, ada tiga tempat wisata andalan yang dikelola langsung Pemkab Tuban seperti: Pantai Boom, Goa Akbar, dan juga Pemandian Bektiharjo. Di tiga tempat wisata itu, selain posko keamanan sekaligus disiapkan untuk tim kesehatan agar bisa bergerak cepat ketika diperlukan.

“Biasanya ada pemantauan secara reguler oleh petugas keamanan terdekat. Contohnya dari Polsek Semanding yang memantau keamanan di Pemandian Bektiharjo,” terang Suwanto.

Libur panjang selama lebaran bisa jadi peluang meningkatkan pendapatan wisata. khusus di tiga tempat wisata yang dikelola langsung oleh Pemkab, ditargetkan bisa mendatangkan pendapatan sampai 125 juta selama lebaran.

Kunjungan wisata selama lebaran, juga diharapkan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat secara langsung. Salahsatunya para pedagang yang biasa berjualan makanan dan minuman, baik di dalam ataupun di luar area wisata.

“Semoga pengunjung wisata membludak seperti tahun dulu. Karena itu sangat berimbas untuk penjualan kami,” terang Untung, pedagang makanan dan minuman di Pemandian Bektiharjo.(Edy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here