Pengembangan Potensi Air Terjun Gajahan

0
184

Oleh: Sonia Wati
SMA Negeri 1 Bancar

Wisata air terjun gajahan yang terletak di selatannya Desa Dikir, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban adalah wisata alam yang sangat indah dan menarik. Udara di sana sangat alami dan sejuk karena belum mendapat sentuhan dari pemerintah.

Lingkungan di lokasi wisata sangat terjaga dengan pemandangan yang sangat elok. Objek  wisata sangat baik tersebut termasuk wisata barat, yang mitosnya, wisata ini tiba-tiba ada dalam waktu semalam. Wisata air terjun Gajahan ini sempat membuat warga sekitar terkejut.

Objek wisata ini belum di kenal banyak orang, karena tempatnya yang lumayan jauh dari pemukiman. Medannya cukup sulit untuk dilalui kendaraan, dan disana rawan aksi kriminal pencurian motor.

Kejadian pencurian di lokasi objek wisata pernah terjadi dan yang menjadi korban adalah pengunjung wisata. Semenjak kejadian itu banyak wisatawan yang ingin berkunjung kesana harus jalan kaki, karena takut terjadi pencurian lagi.

Air terjun Gajahan ini seharusnya mendapat sentuhan dari pemerintah. Perlu diadakan perbaikan akses jalan untuk menuju ke lokasi, agar banyak wisatawan yang datang. Apalagi wisata ini termasuk wisata tersembunyi, karena tempatnya di sebelah barat bukit.

Wisata ini menarik  karena airnya yang jernih dengan pemandangan alam yang sangat indah. Jika diadakan perbaikan akan lebih indah dan mengundang banyak wisatawan yang datang.

Wisata air terjun ini dapat diperbaiki, dan tetap dijaga kelestarian alamnya. Suasan dilokasi sangat alami dan sejuk. Airnya yang dingin dengan pepohonan yang rimbun di sekelilingnya.

Wisata air terjun ini sangat membutuhkan sentuhan dari pemerintah, agar ada perubahan yang lebih baik dari keadaan yang sebelumya. Tujuannya agar dapat dikatergorikan layak, nyaman, dan aman untuk di kunjungi para wisatawan.

Keadaan awal air terjun ini tak menarik seperti sekarang. Awalnya airnya keruh dan belum begitu menarik.

Semoga beberapa tahun kemudian keadaan air terjun ini sudah lebih baik lagi dan sudah  ada perbaikan dari pemerintah. Paling tidak obyek ini bisa menjadi salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Tuban.

Di kalangan wisatawan air terjun Gajahan ini belum begitu dikenal. Karena tempatnya yang tersembunyi dan termasuk wisata baru di Tuban, dengan letak di daerah perbukitan. Apabila diperbaki dengan inovasi akan menjadi dambaan objek wisata bagi para wisatawan.

Sayangnya menurut berita dari mulut ke mulut, air terjun Gajahan ini sudah ditutup, karena dibuat bendungan (dam). Saat ini banyak dimanfaatkan warga sekitar untuk mandi, mencuci, dan pengairan lahan pertanian. Ini sangat disayangkan karena air terjun Gajahan bisa menjadi salah satu tempat wisata di  Tuban. (*)

*Tulisan ini masuk 10 (sepuluh) karya terbaik Lomba Menulis Opini “Pengembangan Potensi Wisata Tuban” yang diselenggarakan Ronggolawe Press Solidarity (RPS) dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) 2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here