Pages Navigation Menu

Ronggolawe Press Solidarity

Cegah Longsor, Wartawan Tuban Tanam Pohon di Bengawan Solo

wabuptanamrpstuban.net –

Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2015, perkumpulan wartawan yang bertugas di wilayah Kabupaten Tuban melakukan tanam pohon di bantaran Sungai Bengawan Solo Desa Kebomlati, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Kamis (26/02/2015).

Kegiatan tanam pohon tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan di wilayah Kabupaten Tuban. Selain untuk guna mencegah abrasi yang terjadi di bantaran Bengawan Solo itu setelah terjadinya banjir.

“Ini kita mengajak pada seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama bergerak peduli terhadap lingkungan dengan melakukan penghijauan,” ujar Khoirul Huda, Ketua Ronggolawe Pers Solidarity (RPS) yang merupakan perkumpulan wartawan di Tuban.

Kegiatan penghijauan untuk penyelamatan lingkungan tersebut sudah beberapa kali dilakukan oleh para awak media di Kabupaten Tuban di wilayah yang kondisinya kritis. Sepertinya halnya di bantaran Bengawan Solo Desa Kebomlati, Kecamatan Plumpang itu yang selalu terjadi longsor.

“Berdasarkan pengamatan dan juga hasil survei memang daerah sini yang paling rawan terjadi longsor. Karena memang tidak ada plengsengan maupun tanggulnya, makanya kegiatan kita lakukan disini,” lanjut Huda yang merupakan wartawan koran harian itu.

Untuk penyelamatan bantaran Sungai Bengawan Solo itu, para awak media melakukan penanaman ribuan pohon jenis Tanjung, Jambon, bibit Jambu dan juga tamanan buah jenis Sirsat. Selain di Desa Kebomlati, Kecamatan Palang, penghijauan akan dilakukan di beberapa desa di kecamatan itu.

“Kita berharap kegiatan penanaman pohon ini bisa bermanfaat bagi lingkungan. Dengan penanaman pohon kita harapkan longsor yang  tidak semakin parah melanda desa ini,” lanjutnya.

Sementara itu, kegiatan tanam pohon dengan tema penyelamatan bantaran Sungai Bengawan Solo di lapangan Desa Kebomlati tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Tuban, Komandan Kodim 0811 Tuban, Ketua DPRD Tuban, perwakilan Forpimda lainnya dan juga perwakilan sejumlah perusahaan yang ada di Tuban.

Selain tanam pohon, dalam kegiatan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) juga dilakukan kegiatan sosial berupa Donor Darah yang bekerja sama dengan PMI Cabang Tuban. Selain itu juga dilakukan santunan anak yatim dengan jumlah 200 anak dari kecamatan tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi terhadap RPS yang telah peduli dengan lingkungan dan kepada masyarakat yang kurang beruntung. Terbukti dalam kegiatan ini juga ada santunan anak yatim,” terang Noor Nahar Husain, Wakil Bupati Tuban saat memberikan sambutan. [mut/but]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *