Pages Navigation Menu

Ronggolawe Press Solidarity

Petugas Kesehatan Terus Melakukan Pemeriksaan Hewan Kurban

kurbansapisakitrpstuban.net – Menjelang Hari Raya Idul Adha, petugas kesehatan dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Tuban terus melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban yang akan disembelih pada Hari Raya Kurban lusa, Selasa (22/9/2015).

Berdasarkan pantauan wartawan media ini, petugas memeriksa hewan di salah satu sentra penampungan hewan kurban milik Pemkab Tuban, yang berada di Kelurahan Sidorejo. Dalam pemeriksaan itu, ditemukan sejumlah hewan yang menderita radang mata. Keberadaan hewan yang sakit itu terpaksa harus dipisahkan agar tidak menular ke hewan yang sehat.

“Setelah kami periksa, ada hewan kurban yang menderita sakit radang mata. Sehinga, kepada penjaga kandang kami minta agar hewan yang sakit itu dipisah dari hewan yang sehat agar tidak menular,” kata Cipta Dwipriyata, selaku Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Tuban.

Menurut Cipta, Selain ditemukan hewan yang menderita sakit, petugas juga menemukan keberadaan hewan kurban di sejumlah sentra penampungan yang belum cukup umur. Sehingga petugas juga terpaksa harus menghimbau kepada para penunggu kandang agar pemiliknya mengganti hewan yang sudah layak disembelih.

Pemeriksaan hewan kurban menjelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha ini akan terus dilakukan di beberapa sentra penampungan hewan. Sehingga keberadaan hewan kurban yang akan di sembelih nanti dipastikan tidak bahaya saat dikonsumsi.(af/im)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *