Pages Navigation Menu

Ronggolawe Press Solidarity

RPS Tuban Harapkan Ada Regenerasi Jurnalis

jurnaslistikrpstuban.net – Ronggolawe Press Solidarity (RPS) Kabupaten Tuban, inginkan proses regenerasi pelaku jurnalis di Tuban berjalan maksimal. Hal ini diungkapkan Ketua RPS Tuban, Khoirul Huda, ketika memberikan pelatihan jurnalistik SMA – Sederajat di Aula Pertemuan Guest House Jalan Sunan Giri, Tuban, Selasa (17/7/2012).

Menurut Huda, proses re-generasi pelaku jurnalis Tuban dapat bermula dari momen-momen pelatihan seperti ini. Karena dalam pelatihan ini akan muncul kader-kader baru yang mempunyai minat di dunia tulis mnenulis.

“Kami berharap, teman-teman disini kelak menggantikan para wartawan yang ada sekarang. Karena tentunya tidak selamanya kami ada di dunia ini, ” kata Wartawan Harian Bhirawa ini.

Dia berpesan, para peserta tidak berhenti dan merasa cukup setelah memperoleh pelatihan. Melainkan proses belajar sesungguhnya adalah pasca pelatihan. Yaitu dengan menulis dan mengelola media yang ada di sekolah masing-masing. Seperti mading maupun majalah sekolah.

“Karena tidak mungkin, kalian akan kita direkrut menjadi wartawan di Warta Tuban yang medianya dibiayai Holcim,” ujar Huda memberikan semangat peserta seraya berjanji akan mengadakan lomba menulis bagi siswa tingkat SMA.

General Manager Holcim Tuban, Didik Darusulistyo menambahkan, pelaku jurnalistik dituntut mempunyai kapasitas intelektual yang tinggi. Karena pers memiliki tugas dan fungsi penting selain sebagai penyalur informasi kepada masyarakat, juga mendidik dan fungsi kontrol.

”Seperti keberadaan pabrik Holcim di Tuban ini tidak mungkin bisa di ketahui khalayak tanpa adanya keberadaan media. Itulah salah satu pentingnya pers,” sambung Didik.

Untuk diketahui, pelatihan jurnalistik SMA-Sederajat ini diikuti oleh 40 peserta perwakilan dari SMA/SMK/MA negeri maupun swasta yang ada di Tuban. Dengan masing-masing dua peserta delegasi dari tiap-tiap sekolah. Sesuai jadwal pelatihan dilaksanakan selama dua hari berturut-turut dimulai hari selasa (17/07/2012) dan Rabu (18/07/2012) di Guest House Tuban.

Hari ini pelatihan masih diisi dengan beberapa materi dasar jurnalistik. Seperti teknik menulis berita, Etika jurnalistik, Foto jurnalistik dan Reportase.

“Agar lebih maksimal, besok kita adakan praktek dilapangan untuk membuat berita secara langsung,” ujar Ketua Panitia, Sumali. (edy)

One Comment

  1. pak saya mau ngasih kabar bahwa di desa jamprong kcmatan kenduruan ada pembagian uang pembebasan lahan dari pertamina dan besok ada rapat karena diduga kpala desa bserta perangkat melakukan korupsi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *